All Products, Internist, Obstetric Gynecology, Surgery

XEPAZYM

 

KOMPOSISI
Tiap kaplet salut selaput mengandung:
Pancreatin 170 mg
Simethicone 80 mg


CARA KERJA OBAT

XEPAZYM® kaplet salut selaput mengandung Pancreatin dan Simethicone. Pancreatin mengandung enzim protease, enzim lipase dan enzim amilase. Enzim protease menghidrolisis protein menjadi proteosa dan senyawa derivatnya. Enzim lipase menghidrolisis lipid menjadi gliserol dan asam lemak dan enzim amilase menghidrolisis amilum menjadi dekstrin dan gula. Karena itu Pancreatin sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan manusia terutama yang mengalami defisiensi Pancreatin, seperti Pancreatin dan Cystic fibrosis. Juga oleh pasien yang mengalami gastrectomy dimana enzim-enzim pencernaan mengalami gangguan. Simethicone mengandung Dimethicone dan Silikon yang dapat menurunkan tekanan permukaan oleh adanya gas, karena itu dapat digunakan untuk pengobatan flatulen dan meteorisme, untuk menghilangkan gas, udara atau buih dari traktus gastrointestinal.


INDIKASI

Meteorisme (perut kembung) seperti pada aerofagia dalam hal insufisiensi pankreas, pada gangguan-gangguan hati, kelenjar empedu, lambung dan usus, meteorisme setelah operasi, flatulensi, sindrom gastrocardiac.
Persiapan untuk radiografi dari abdomen pada meteorisme (cara-cara diagnostik yang menyangkut saluran empedu dan ginjal, radiografi dari lumbar segment vertebral column dan pelvis).


DOSIS

Umumnya:
1 – 2 kaplet salut selaput pada waktu makan atau segera sesudahnya tanpa dikunyah, atau menurut petunjuk dokter.
Untuk tujuan persiapan pemeriksaan Rontgen:
3 – 4 kali sehari 2 kaplet salut selaput selama 2 hari sebelum pemeriksaan dan 2 kaplet salut selaput pada perut kosong pagi-pagi pada hari pemeriksaan.


EFEK SAMPING

Relatif aman, jarang menimbulkan efek samping. Efek samping hanya berupa konstipasi, diare, nyeri perut, reaksi alergi, iritasi bukal, atau perianal.


PERINGATAN PERHATIAN

Hati-hati pemakaian pada penderita konstipasi dan diare.


KEMASAN

Dus, 5 strip @ 10 kaplet salut selaput
Reg. No. DBL 0016109809A1


Simpan pada suhu di bawah 30 ºC